Word to the Wise

Kalau U tidak tersenyum di pagi hari, maka kapan U akan tersenyum lagi???? :) Awali harimu dengan senyuman,ungkapkan rasa syukur U pada Allah SWT,agar U selalu semangat dalam menjalani hidup ini ^^ OK!!!!!
Haaiiiii,,,,,,,,LET US CARE WITH THEM :)

Ini teman"Q lhoch

Jangan lupa waktu ea :)

Free Monkey ani Cursors at www.totallyfreecursors.com

Rabu, 07 Maret 2012

characteristics


Setelah kemaren kita kenalan sama Children :) Special needs.
Nach,,,,,,postingan yang ke-2 ini akan lanjut lagi tentang jenis dan karakternya  :)

Anak dengan kebutuhan khusus sangat beragam, baik itu kebutuhan khusus secara fisik, psikis maupun sosial. Setiap anak pun mempunyai karakteristik tertentu yang berbeda satu sama lain. Diantaranya adalah:
1.  Tunanetra, yaitu anak yang mengalami gangguan pada penglihatan.
Anak itu bisa sama sekali tidak mampu melihat atau mengalami gangguan pada penglihatan, seperti:
a. Tidak bisa melihat dengan jelas pada jarak 6 meter/ lebih
b. Terjadi kerusakan pada bola matanya
c. Sering terjatuh saat berjalan
d. Tidak mampu mengambil benda kecil
e. Bola mata yang terlihat tidak jernih
f. Peradangan pada kedua bola mata, atau mata yang terus bergoyang.
2.  Tunarungu atau anak yang mengalami gangguan pendengaran.
Tingkatan paling parah adalah ketika anak tersebut sama sekali tidak bisa mendengar, dan gangguan yang sering terjadi pada mereka misalnya adalah
a. Dalam berkomunikasi harus dibantu dengan bahasa isyarat
b. Kurang atau bahkan tidak tanggap saat diajak bicara
c. Ucapan tidak jelas
d. Terlambat dalam perkembangan bahasa
e. Kualitas suara yang aneh
f. Terlihat susah saat mendengarkan, bisa sampai memiringkan kepala
g. terjadi infeksi atau keluar cairan pada telinga
3.  Tunadaksa atau anak yang mengalami kelainan pada anggota tubuh.
 Secara fisik ada yang kurang pada mereka, dibanding anak-anak normal lain.
Ciri-ciri lain adalah:
a. Anggota tubuh kaku/ tidak bisa digerakkan
b. Ada anggota tubuh yang tidak sempurna
c. Terdapat cacat pada anggota tubuh
d. Jari tangan kaku/ tidak bisa menggenggam
e. Hiperaktif atau bisa juga tidak dapat menunjukkan posisi tubuh dengan normal
4.  Anak yang terlalu cerdas, dia memiliki kemampuan/ kecerdasan yang lebih dari kemampuan anak-anak lain. Jadi dia adalah anak yang luar biasa cerdasnya.
Karakteristiknya adalah:
a. Kemampuan membaca pada usia yang lebih muda
b. Kemampuan membaca yang lebih cepat dan memiliki perbendaharaan kata yang sangat luas
c. Punya rasa ingin tahu yang kuat
d. Minatnya sangat luas, bahkan terhadap masalah orang dewasa
e. Punya inisiatif dan dapat bekerja sendiri
f. Senang mencoba hal-hal baru
g. Pengamatannya tajam, juga punya imajinasi dan daya ingat yang kuat. 


5.  Tunagrahita atau sering disebut juga anak dengan retardasi mental.
Perkembangan mentalnya mengalami gangguan sehingga tidak sama dengan anak-anak seusianya.
Ciri-cirinya yaitu:
a. Penampilan fisik yang tidak seimbang (kepala terlalu kecil/ besar)
b. Tidak bisa mengurus diri sendiri seperti anak-anak seusianya
c. perkembangan bicara lambat
d. Sama sekali tidak ada perhatian terhadap lingkungan
e. Gerakan sering tidak terkendali
f. Keluar ludah dari mulut
6.  Anak yang mengalami kesulitan dalam hal akademik.
Ciri-ciri :
a. Prestasi belajarnya selalu rendah
b. Selalu terlambat dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik dibanding yang lain
c. Daya tang terhadap pelajaran lambat dan pernah tidak naik kelas
7.  Anak yang mengalami kesulitan belajar spesifik, dalam hal ini adalah membaca, menulis dan berhitung.
Ciri-ciri:
a. Kemampuan membaca sangat rendah
b. Sulit belajar menulis dan menghitung
8.  Anak yang mengalami gangguan komunikasi.
Ciri-ciri:
a. Sulit menangkap pembicaraan orang lain
b. Bicara gagap, suara parau dan sering menggunakan bahasa isyarat
c. Tidak lancar dalam bicara, atau bisa juga karena organ bicaranya tidak normal (sumbing )
9.  Tunalaras atau anak yang mengalami gangguan emosi dan perilakunya.
Ciri-ciri :
a. Sangat pembangkang
b. Mudah marah dan sering mengganggu
c. Agresif dan sering melanggar norma yang ada
Keterbatasan yang di alami membuat interaksi anak berkebutuhan khusus dengan lingkungan menjadi sangat terbatas bahkan sampai bisa dikatakan tidak mampu. Mereka berbeda dalam beberapa hal seperti mental, fisik, sosial dan komunikasi, bila dibandingkan dengan anak-anak yang normal.
Hal yang penting dalam menangani permasalahan pada anak-anak ini salah satunya adalah peran serta orang tua. Orang tua perlu melakukan identifikasi sejak dini agar dapat dilakukan penanganan yang tepat sejak usia dini.
Identifikasi sejak dini oleh orang tua menjadi sangat penting agar penanganan yang diberikan bisa tepat, cepat dan tentunya ditangani secara benar. Proses identifikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, dari mulai dengan cara yang dilakukan langsung oleh orang tua yang bersangkutan, atau dengan bantuan psikolog.
Orang tua yang mempunyai anak dengan kebutuhan khusus tidak perlu berkecil hati. Apalagi di masa seperti sekarang ini, sudah banyak usaha untuk penanganannya. Banyak tersedia terapi-terapi dan sekolah untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus. Jadi, mereka akan tetap bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

eemmm..kasihan

Posting Komentar

Silahkan cari lewat sini

Terjemahkan Bahasa

Posting Terbaru

get this widget here

Pengunjung :)

Buka Buku Tamu

Labels